MENU UTAMA

  Beranda
  Detail Indonesia
  Provinsi
  Kab/Kota
  Pencarian Data

 
 

Berbagai upaya peningkatan mutu pendidikan telah banyak dilakukan oleh pemerintah melalui Kementrian Pendidikan Nasional, salah satunya adalah  peningkatan mutu guru melalui peningkatan kualifikasi dan kompetensi. Hal ini sesuai dengan Permendiknas No. 16 tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru, disebutkan bahwa guru harus memiliki sertifikat pendidik, kualifikasi minimal S1 dan juga harus menguasai empat kompetensi berikut: kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial.Dengan terpenuhinya standar tersebut, diharapkan mutu pendidikan pada jenjang SD, SMP, SMA dan SMK dapat meningkat secara signifikan.

PPPPTK IPA sebagai UPT dari Kemendiknas memiliki tugas untuk meningkatkan dan memberdayakan.kompetensi PTK khususnya di bidang IPA. Dalam menjalankan tugasnya, PPPPTK IPA telah menyusun berbagai program fasilitasi peningkatan kompetensi PTK IPA di seluruh Indonesia, yang meliputi Guru IPA, Kepala Sekolah, Pengawas, dan Tenaga Laboratorium IPA di jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK.

Program fasilitasi peningkatan kompetensi PTK IPA ini akan semakin efektif bila didukung dengan data PTK IPA yang akurat. Sehingga setiap programnya akan tepat sasaran dan menjawab kebutuhan guru dalam menjalankan tugasnya di lapangan. Mengingat jumlah PTK IPA di Indonesia sangat besar, dengan tingkat varietas yang besar pula, di butuhkan suatu peta yang menggambarkan kondisi nyata PTK IPA di lapangan. Peta ini akan menggambarkan profil dan kompetensi yang telah dimiliki oleh PTK. Dengan dimilikinya peta peningkatan kompetensi ini, diharapkan pengambilan kebijakan dalam perancangan program fasilitasi peningkatan kompetensi akan tepat sasaran, menjawab permasalahan yang ada di lapangan, dan membantu guru dalam mengembangkan profesionalisme dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

Dilandasi pokok pemikiran di atas dan mengingat pentingnya peta kompetensi tersebut, maka pada tahun 2011 PPPPTK IPA perlu mengadakan RapatKoordinasi Peta Kompetensi PTK IPA. Melalui pelaksanaan kegiatan ini diharapkan program-progarm fasilitasi peningkatan kompetensi PTK IPA ke depannya akan lebih optimal dan tepat sasaran.

 

Sumber : Penjaringan data PTK IPA PPPPTK IPA - NUPTK - LPMP Nasional